Tanpa LK sifatnya lebih menantang, tetapi tanpa tuntunan inovasi rumus suku ke-n secara terang maka tujuan inovasi rumus itu akan sulit untuk dilakukan.
Syarat penting untuk menurunkan rumus suku ke-n dari suatu barisan dengan tuntunan contoh yaitu ”guru terlebih dahulu harus mengetahui kunci jawabannya”. Kunci tanggapan yang dimaksudkan yaitu ”rumus suku ke-n dari barisan bilangan yang diketahui itu”.
Selanjutnya cara yang kedua yakni sanggup menemukan rumus suku ke-n barisan bilangannya tanpa memakai LK sehingga masing-masing guru/siswa sanggup mengekplorasi secara bebas.
Untuk sanggup mengeksplorasi secara bebas guru harus mengetahui ”bagaimana teknik mengeksplorasi”. Setelah siswa mengetahui teknik tersebut dibutuhkan sanggup menemukan rumus umum tersebut secara berdikari maupun berkelompok.
Setelah rumus umum suku ke-n ditemukan, aktivitas selanjutnya yaitu memilih nilai-nilai dari suku dengan urutan tertentu. Misal berapakah suku yang ke-50 dan berapakah suku yang ke-2008,
pemecahannya sanggup anda lihat di ebook ini hal 22