Maka dari itu kendaraan beroda empat bermesin diesel ini sangat pas dipakai sebagai mobil pengiritan. Lalu gimana ya soal biaya perawatan kendaraan beroda empat diesel dibandingkan dengan biaya perawatan kendaraan beroda empat bermesin bensin ?
Untuk biaya perawatan tampaknya kendaraan beroda empat bermesin bensin sedikit lebih unggul dibandingkan dengan ongkos merawat mesin diesel. Hal ini disebabkan lantaran hampir rata - rata kendaraan beroda empat bermesin diesel ini rawan terhadap kebocoran atau rembes oli akhir saking tinggi nya kompresi serta suhu mesin.
Selain rawan akan kebocoran di area mesin, kendaraan beroda empat bermesin diesel ini juga lebih boros dalam hal penggunaan oli mesin. Dimana jikalau kendaraan beroda empat bermesin bensin dapat melakukan penggantian oli tiap 10.000km, maka untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel dianjurkan untuk mengganti oli nya tiap kelipatan 5000km. Atau dengan kata lain ongkos pembelian oli mesin kendaraan beroda empat diesel ini dua kali lipat dari kendaraan beroda empat bensin.
Terus katanya ketika ini untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel sudah ada produsen oli yang mengklaim dengan produk mereka, kita dapat melakukan penggantian oli mesin layaknya kendaraan beroda empat bensin, yaitu tiap kelipatan 10.000km. Makara dengan menggunakan oli tersebut dapat donk biaya beli oli dapat sama atau setara dengan kendaraan beroda empat bensin ?
Nah untuk yang satu ini sebaiknya saya sarankan tetap melakukan penggantian oli mesin tiap kelipatan 5.000km saja apapun promo yang di klaim oleh pabrikan oli tersebut. Kenapa demikian ? Karena kendaraan beroda empat bermesin diesel ini saat proses pembakaran akan menghasilkan karbon yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan beroda empat bermesin diesel. Bahkan saking banyaknya terkadang karbon sisa pembakaran ini ikut keluar melalui knalpot berupa serbuk dan asap tebal.
Dengan banyaknya karbon yang dihasilkan oleh mesin diesel, sudah tentu pasti oli mesin akan cepat sekali kotor. Jika tidak segera diganti dengan interval yang lebih pendek tentunya akan berakibat kurang baik terhadap mesin kendaraan beroda empat bukan ?
Sebagai catatan kecil, semurah dan setidak populer apapun brand oli yang kalian gunakan, jikalau kalian rutin melakukan penggantian oli mesin kendaraan beroda empat diesel kesayanganmu, dapat dipastikan mesin akan senantiasa infinit dan terjaga dari kerusakan fatal.
Beberapa pengguna kendaraan beroda empat diesel jadul menyerupai kijang diesel maupun Isuzu panther malah ada yang mengganti oli mesin mereka lebih cepat lagi di kelipatan 4.000km hingga 4.500km an loh.
Nah agar sedikit warta mengenai kapan waktu sempurna ganti oli mesin diesel diatas dapat mempunyai kegunaan buat kalian, salam otomotif.