Setelah memperhatikan rambu penyusunan RPP kurikulum 2013 dan prinsip penyusunan RPP kurikulum 2013, selanjutnya guru harus memperhatikan langkah-langkah penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang terbagi dalam 3 (tiga) langkah besar, Kegiatan pendahuluan, kemudian Kegiatan inti dan diteruskan dengan Kegiatan epilog dengan rincian sebagai berikut :
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi- Guru menawarkan citra manfaat mempelajari bahan yang akan diajarkan
Pemberian acuan
- Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari
- Ajuan sanggup berupa klarifikasi bahan pokok dan uraian bahan pelajaran secara garis besar
- Pembagian kelompok belajar
- Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman berguru sesua dengan rencana langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan Inti
- Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar
- Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi penerima didik
- Menggunakan metode yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran dengan proses eksplorasi, klarifikasi terperinci dan konfirmasi dilaksanakan melalui aktifitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.
Kegiatan Penutup
- Kegiatan guru mengarahkan penerima didik untuk menciptakan rangkuman/simpulan
- Pemberian tes atau kiprah dan menawarkan isyarat tindak lanjut pembelajaran, sanggup berupa aktivitas diluar kelas, dirumah atau kiprah sebagai bab remidi/pengayaan
Contoh format RPP sanggup dilihat menyerupai gambar dibawah ini :