Berbagai Cara Bersihkan Plafon Kendaraan Beroda Empat Yang Kotor

May 09, 2017
Cara membersihkan plafon mobil - salah satu penggalan interior kendaraan beroda empat yang acap kali luput dari perhatian kita dikala membersihkan ialah penggalan plafon atau langit langit ruang kabin mobil, selain penggalan ini gampang sekali kotor dan luput dari perhatian, materi plafon kendaraan beroda empat ini juga rawan sekali kotor dan sangat sulit dibersihkan jikalau sudah terkena kotoran yang pekat.

Maka dari itu anda harus menawarkan perawatan ekstra pada penggalan yang satu ini supaya nantinya tidak gampang kotor. Ketika plafon kendaraan beroda empat sudah terlanjur banyak terkena kotoran, dalam membersihkannya pun kita dilarang sembarangan alasannya yakni salah salam memperlakukan pencucian malah akan menciptakan plafon kendaraan beroda empat menjadi semakin kotor atau bahkan sanggup rusak.

 salah satu penggalan interior kendaraan beroda empat yang acap kali luput dari perhatian kita dikala membersihk Berbagai Cara Bersihkan Plafon Mobil Yang Kotor


Nah sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara membersihkan plafon ruang kabin mobil, ada baiknya anda mengetahui beberapa penyebab kenapa plafon kendaraan beroda empat sanggup menjadi kotor sehingga sesudah nantinya dibersihkan, kita sanggup menghindari plafon kotor kembali.

Merokok didalam kendaraan

Salah satu penyebab plafon kendaraan beroda empat menjadi kotor dan warnanya bermetamorfosis kekuning kuningan yakni dikarenakan oleh terlalu seringnya terkena asap rokok, jadi usahakan anda jangan pernah merokok didalam kendaraan beroda empat kesayangan baik itu dikala kendaraan sedang melaju maupun dalam keadaan terparkir.

Menyentuh penggalan plafon kendaraan beroda empat dengan tangan yang kotor

Terkadang tanpa kita sadari kita sering menyentuh penggalan plafon kendaraan beroda empat ini dengan menggunakan telapak tangan yang masih kotor, sehingga kotoran yang terdapat pada telapak tengan pun ikut mengotori permukaan plafon mobil. Agar tidak terjadi hal yang menyerupai ini lagi sebaiknya anda biasakan mencuci tangan sebelum masuk kedalam mobil.

Memasukkan barang bagasi tanpa memperhatikan atap plafon

Karena saking banyaknya barang bawaan yang akan dibawa entah itu mau pulang kampung ataupun perjalanan jauh lainnya, kita memaksakan barang barang tersebut supaya muat di letakkan di penggalan bagasi kendaraan beroda empat tanpa memperhatikan ketinggiannya, sehingga barang barang tersebut rawan menyentuh dan mengotori plafon, bahkan menciptakan kerusakan serius pada plafon mobil, misalkan saja plafon jebol gara gara mengangkut batang besi ( mungkin loh ).

Walaupun membersihkan penggalan plafon kendaraan beroda empat ini lebih sulit dibandingkan membesihkan penggalan bagian interior yang ada didalam mobil, tetap saja plafon kendaraan beroda empat ini wajib untuk anda rawat supaya kebersihannya senantiasa terjaga dan tentunya akan menawarkan kesan yang nyaman baik bagi anda sendiri maupun para penumpangnya.


Bisakah kita membersihkan plafon kendaraan beroda empat sendiri ?

Jawabnya tentu saja anda sanggup membersihkan plafon kendaraan beroda empat kesayangan sendiri dirumah, namun anda harus melakukannya dengan hati hati, perhatikan bagaimana kondisi dari plafon kendaraan beroda empat dan juga seberapa parah tingkat kotoran yang menempel. Nah beberapa cara yang sanggup kalian tempuh guna membersihkan plafon kendaraan sendiri dirumah ialah sebagai berikut ini :


1. Cara bersihkan plafon kendaraan beroda empat yang terkena kotoran debu

Jika plafon kendaraan anda hanya terkena kotoran berupa bubuk saja tanpa ada kotoran lainnya, maka cara membersihkannya sangat gampang sekali, anda cukup menyikatnya secara searah dengan menggunakan sikat lembut kering tanpa menggunakan air dengan perlahan lahan. Ingat jangan menggunakan air, alasannya yakni jikalau kita menggunakan air dalam membersihkan plafon yang berdebu malah akan menciptakan bubuk debu tadi semakin melekat ke plafon.


2. Menghilangkan plafon kendaraan beroda empat yang terkena noda ringan

Bila ternyata plafon kendaraan anda terdapat noda yang ringan, anda sanggup membersihkannya dengan menggunakan sikat yang lembab, anda sanggup menggunakan sikat gigi halus yang telah di basahi dengan air yang dicampur sedikit larutan deterjen tanpa diaduk ( supaya tidak menjadikan busa ). Kemudian kibas kibaskan sikat tadi sehingga diperoleh permukaan sikat yang lembab. Silahkan anda gosokkan sikat tersebut ke penggalan plafon yang terkena noda ringan secara searah hingga noda tadi terangkat, setelahnya anda sanggup mengelapnya dengan menggunakan kain microfiber. Pastikan larutan deterjen dan air tadi tidak menjadikan busa lantaran jikalau hingga berbusa, ketika dipakai membersihkan malah akan meninggalkan noda berupa flex.


3. Membersihkan plafon dengan noda pekat

Jika ternyata noda yang terdapat pada permukaan plafon kendaraan beroda empat tergolong pekat, jikalau anda berencana untuk membersihkannya sendiri sangat dianjurkan untuk menggunakan cairan khusus pembersih plafon mobil. Adapun alat dan materi yang harus disiapkan yakni sebagai berikut ini :

  • Kain higienis lembut dan halus, sanggup gunakan kain microfiber.
  • Cairan pembersih khusus untuk plafon mobil, dapatkan di toko detailing dan aksesoris mobil.
  • Air higienis dan jernih secukupnya.


Langkah membersihkan plafon kendaraan beroda empat dengan noda pekat

Basahi kain microfiber tadi dengan menggunakan air higienis dan diperas sehingga diperoleh kain microfiber dengan kondisi lembab atau mamel. Selanjutnya silahkan diusapkan ke permukaan plafon kendaraan beroda empat yang terdapat noda pekat. Setelah itu anda sanggup menyemprotkan cairan khusus pembersih plafon kendaraan beroda empat ke area yang terdapat noda pekat dan gosok secara perlahan lahan menggunakan kain microfiber tadi hingga noda terangkat.


4. Bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner

Banyak orang yang tidak menyarankan membersihkan plafon kendaraan beroda empat dengan menggunakan vacuum cleaner dengan alasan sanggup merusak si palfon mobil. Padahal vacuum cleaner ini sanggup dipakai untuk membersihkan permukaan plafon yang kotor, terutama kotor lantaran bubuk dengan syarat anda menggunakan daya hisap vacuum yang paling kecil. Dengan memanfaatkan daya serap mesin vacuum yang paling kecil ini tentu saja tidak akan merusak penggalan plafon mobil.

Nah hingga disini tips membersihkan plafon kendaraan beroda empat yang kotor, untuk goresan pena lebih lengkap mengenai membersihkan plafon kendaraan beroda empat dilihat dari bahannya akan kami bahas dilain waktu, salam otomotif.



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments