Ciri - Ciri Kampas Kopling Motor Habis

September 16, 2017
Kampas kopling motor habis - keberadaan kompling sangat penting pada sepeda motor, alasannya ialah fungsi kopling disini ialah sebagai pemutus dan menghubung putaran mesin ke belahan transmisi. Putaran mesin harus diputuskan hubungannya terlebih dahulu dikala kita akan melaksanakan akselerasi maupun deselerasi. Tanpa adanya komponen kopling ini sudah tentu anda tidak akan bisa mengoper gigi persenling.

 keberadaan kompling sangat penting pada sepeda motor Ciri - Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Seiring penggunaannya cepat atau lambat kampas kopling motor pun akan habis dan perlu diganti dengan yang gres supaya performa mesin motor serta tenaga mesin sanggup tersalurkan ke roda dengan baik. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa ciri umum yang menandakan bahwa kampas kopling motor sudah habis / aus yang diantaranya ialah sebagai berikut :

#Ciri kampas kopling motor habis / aus


1. Terjadi selip kopling

Ciri paling umum yang sanggup menjadi menunjukan bahwa kampas kopling motormu habis ialah adanya selip pada kopling. Hal ini sanggup terjadi alasannya ialah tenaga putaran mesin tidak sanggup disalurkan dengan maksimal ke belahan transmisi motor walaupun tuas kopling sudah dilepas sepenuhnya. Gejala selip kopling akan sangat terasa dikala anda menggeber motor dengan kecepatan tinggi akan terdengar bunyi meraung raung dan tak bisa untuk berakselerasi dengan baik.

2. Kopling kurang responsive

Gejala umum selanjutnya yang menandakan bahwa kampas kopling motormu sudah aus adalah, dikala awal jalan meskipun kopling sudah dilepas motor tidak segera berjalan.

3. speed motor menjadi berkurang

Karena kampas kopling motor aus dan slip, maka yang terjadi ialah tenaga yang dihasilkan mesin tidak sanggup disalurkan dengan tepat ke belahan transmisi alasannya ialah adanya loss di belahan kampas koplingnya. Karena hal inilah kecepatan motor menyerupai berkurang dan dibarengi dengan konsumsi materi bakar yang boros dibanding biasanya.

4. Mesin berangasan dan getar di kecepatan tinggi

Kopling yang slip dan tidak segera diganti akan menciptakan belahan kampasnya habis tergesek dan hanya menyisakan plat, yang nantinya akan saling bergesekan dengan fly wheel dan menimbulkan bunyi berangasan pada mesin dan bahkan bergetar.

5. Susah oper gigi perseneling

Karena kampas koplingnya sudah aus dan selip, maka putaran mesin tidak sanggup diputuskan dengan baik sehingga untuk mengoper gigi perseneling pun akan susah masuk walaupun tuas kopling sudah anda tekan sampai mentok grip motor.

6. Suhu mesin cepat panas

Dalam kondisi normal kampas kopling hanya akan bergesekan dikala tuas kopling dilepas secara perlahan sampai dilepas full. Setelah tuas kopling dilepas full goresan tadi seharunya tidak ada. Dan alasannya ialah ada belahan kampas kopling yang aus lalu slip, goresan yang seharusnya tidak terjadi ini akan terjadi secara terus menerus sehingga sanggup menjadikan panas yang berlebih pada mesin.

Baca juga : Tips mengatasi tuas kopling motor keras

#Penyebab kampas kopling habis

Penyebab kenapa kampas kopling ini bisa habis ialah dikarenakan faktor pemakaian, semakin sering kopling dioperasikan maka resiko kampas kopling menipis semakin besar. Terlebih lagi bila anda sering memakai teknik setengah kopling yang sering terjadi di jalanan yang macet, dalam waktu singkat pun kampas kopling akan segera habis.

Tips supaya kampas kopling tak cepat habis

Nah supaya kampas kopling motor anda abadi dan tidak gampang aus, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan yang diantaranya ialah sebagai berikut :


  • Atur jarak bebas kopling ( minimal 2 - 4 mm ) dan lakukan penyetelan secara berkala.
  • Hindari penggunaan setengah kopling dikala berkendara.
  • Lakukan penggantian oli secara rutin sesuai rekomendasi bengkel.
  • Gunakan oli pelumas sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dealer / bengkel resmi.
  • Sebaiknya gunakan setelan jauh untuk tuas kopling motor.

Baca juga : Kelebihan kekurangan velg racing VS jari jari



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments