Oli yang ada pada mesin ini berfungsi untuk melumasi seluruh komponen bergerak yang ada di belahan mesin, kecuali ruang bakar, sehingga bila kalian menemukan kepala busi yang terdapat oli mesin sanggup dipastikan ada duduk kasus disana.
#Penyebab oli mesin membasahi busi
Oli motor yang membasahi kepala busi ini biasanya disebabkan adanya kebocoran pada ring seher / ring piston dan seal klep in dan ex yang, rusak sehingga oli merembes masuk kedalam ruang mesin dan membasahi busi. Oh iya, kebocoran tersebut selain mengakibatkan oli masuk dan ikut terbakar diruang mesin, juga sanggup menciptakan kompresi mesin bocor sehingga tenaga mesin jadi loyo.Oli mesin yang masuk kedalam ruang bakar dan tidak segera ditangani sanggup mengakibatkan kerusakan serius pada mesin. Pertama oli mesin yang merembes tadi akan masuk keruang bakar dan ikut terbakar sehingga menghasilkan polusi berupa asap putih yang keluar dari knalpot. Karena oli mesin selalu merembes dan terbakar, volume oli didalam mesin pun menjadi berkurang. Kurangnya oli didalam mesin sanggup mengakibatkan komponen bergerak yang ada didalam ruang mesin menjadi gampang panas dan aus.
Baca juga : Nih penyebab kompresi mesin bocor
#Akibat oli masuk kedalam ruang bakar
1. Mesin motor brebet
Akibat bila oli mesin hingga masuk kedalam ruang bakar dan tidak segera ditangani yang pertama yaitu mesin motor jadi brebet. Hal ini dikarenakan oli yang terbakar tadi meninggalkan kerak yang akan menyelimuti belahan elektroda busi baik itu yang side electrode maupun center electrodenya. Dengan adanya lapisan kerak ini menjadikan percikan bunga api pada busi menjadi terganggu sehingga mesin motor pun kadang terasa brebet.2. Keluar asap putih dari knalpot
Karena adanya oli yang masuk kedalam ruang bakar, secara otomatis oli tersebut juga nantinya akan ikut terbakar ketika proses pembakaran berlangsung yang mengakibatkan gas buang menjadi berwarna putih susu.3. Usia pakai busi menjadi singkat
Karena adanya oli maupun kerak oli yang menyelimuti kepala busi, selain mengganggu persikan bunga api di kepala busi, juga sanggup menjadikan temperatur busi menjadi berubah ubah yang nantinya sanggup mempersingkat usia pakai busi.4. Mesin motor macet / terkancing
Karena oli yang ada di dalam mesin bertahap masuk kedalam ruang bakar dan terbakar, maka volume nya pun berkurang sedikit demi sedikit. Bila insiden ini dibiarkan tanpa ada penanganan atau perbaikan, sanggup mengakibatkan oli pelumas didalam mesin habis. Nah habisnya oli mesin inilah yang nantinya akan menciptakan komponen mesin motor yang saling bergesekan akan aus, memuai dan mesin pun rontok, terkancing, atau macet.Baca juga : 5 Jenis busi terbaik untuk motormu